adheens blog

Informasi seputar Bisnis Indonesia, Teknologi dan Internet

Cara Transfer Uang dari Bank Mandiri ke Bank BRI

Sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) tentu memiliki nasabah yang tidak sedikit. Tidak hanya memiliki nasabah yang cenderung menjadikan BRI sebagai tempat menyimpan uang, namun juga untuk urusan bisnis.

f:id:adheens:20171208030005j:plain

Apabila nasabah suatu bank akan mentransfer uang ke rekening bank lain, maka dibutuhkan kode yang ditambahkan diawal sebelum nomor rekening tujuan. Hal ini dilakukan apabila akan melakukan transaksi melalui ATM.

Pada ulasan kali ini, saya akan memberika contoh bagaimana cara mentransfer uang dari Bank Mandiri ke Bank BRI, maka dibutuhkan kode bank tujuan yang berjumlah 3 angka.

Nasabah A mempunyai rekening di Mandiri, setelah memasukkan kartu ATM maka pilihan selanjutnya adalah transfer > ke rek bank lain. Setelah itu akan muncul daftar kode bank di Indonesia.

Untuk Kode Bank BRI sendiri adalah 002. Apabila no rek tujuan adalah 01986735009867, maka tambahkan tiga angka yaitu 002 sebelum no rek tujuan tersebut. Jadinya adalah > 00201986735009867 > tekan yes.

Tunggu beberapa saat proses transfer pun akan segera dilakukan. Apabila tidak kesalahan dalam memasukkan kode bank dan no rek maka transaksi pun berjalan sukses.

Setiap melakukan transfer ke rek Bank yang berbeda seperti contoh diatas, mentransfer dari Mandiri ke BRI akan dikenakan biaya. Untuk biaya tersebut, masing-masing bank mempunya kebijakan masing-masing.

Setiap bank di Indonesia pasti mempunyai kode, mulai dari bank negara, daerah, swasta dan juga bank berbasis syariah. Sementara untuk melakukan transfer antar bank berbeda negara, maka dibutuh swift code yang berbentuk abjad, dan biasanya berjumlah 6 huruf atau lebih.

Semoga, informasi singkat mengenai cara mentrasfer uang dari BNI ke Bank BRI yang saya tulis kali ini bisa berguna bagi kita semua. Sehingga transaksi bisa berjalan dengan lancar.